4.08.2008

LPMP 2007

LPMP 2007
Menumbuhkan kultur pembelajaran inovatif dan kreatif

Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran (LPMP) SMA 2007 yang diselenggarakan oleh Dinas Menengah Umum mengambil tema “Menumbuhkan kultur pembelajaran inovatif dan kreatif”. Sebuah Multimedia Pembelajaran SMA adalah media pembelajaran yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi dan interaktif sehingga dapat berfungsi sebagai alat bantu guru dalam mengajar dan sebagai aplikasi / software belajar mandiri bagi siswa.
Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan menanamkan budaya mengenal dan dekat pada computer base learning. Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

Dari terkumpulnya 147 karya yang terdiri dari 106 karya dari SMA Negeri, 28 karya dari SMA Swasta dan 13 karya dari MA Negeri, maka menghasilkan 19 nominasi karya lomba untuk diteruskan ke penjurian teknis tahap akhir. Sebagian besar 19 nominasi karya yang dibuat menggunakan bantuan program Power Point, Macromedia Flash, 3DSMax, dengan menggabungkan animasi, video, suara, dan interaktivitas dalam sebuah karya.

Proses penjurian tahap akhir dan Workshop Penyempurnaan Hasil Karya dilaksanakan di Hotel Jaya Raya, Cipayung Bogor yang diselenggarakan pada tanggal 27 Nopember – 4 Desember 2007. SMA Kristen 2 Surabaya berkesempatan mengirimkan 2 wakilnya pada proses penjurian tahap akhir yaitu Budi Djoko Chrismanto, S. Kom, M. Psi untuk mata pelajaran Geografi dengan topik karya Lempeng Tektonik Gunung Dan Gempa Bumi dan Pipit Kiswieantoro, S. Kom untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan topik karya Setting Peripheral. Setelah melalui proses penjurian yang dilakukan oleh pakar ahli dari berbagai aspek penilaian karya maka tersusun daftar pemenang LPMP 2007, dimana 2 wakil dari SMA Kristen Petra 2 Surabaya mendapat 1 medali perak untuk karya Setting Peripheral dan nominator karya untuk Lempeng Tektonik Gunung dan Gempa Bumi. Workshop penyempurnaan hasil karya selama 3 hari diisi oleh pakar-pakar ahli bidang subtansi materi, desain pembelajaran, rekayasan perangkat lunak dan aspek komunikasi visual. Dengan adanya workshop ini menambah ilmu dalam pengembangan program multimedia pembelajaran yang benar, bermutu, dan lebih interaktif.

Dimasa depan guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang lebih tinggi, bukan hanya mampu menyampaikan materi pelajaran secara konvensional, namun harus mempunyai kemampuan dalam memanfaatkan dan mengembangkan multimedia pembelajaran, sekurang-kurangnya untuk kebutuhan sendiri. Selamat berkarya !.

No comments: